SMK Muhammadiyah 3

15 Sepeda Motor Listrik SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Lolos Uji Kir


SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta melakukan uji kir terhadap sepeda motor listrik, Sabtu, 23 Desember 2023. Sebanyak 15 sepeda motor listrik berhasil lolos uji kelayakan yang dilakukan di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Pehubungan Kota Yogyakarta, Giwangan.
sepeda motor listrik yang diuji merupakan sepeda motor konversi dari sepeda motor berbahan bakar fosil yang dipercayakan oleh kementrian ESDM untuk dikerjakan oleh jurusan Teknik Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Bapak Kustejo, S.Pd.I, M.Pd ketika dimintai keterangan mengatakan bahwa beliau sangat bersyukur atas hasil uji kelayakan ini.
“Saya bersyukur hari ini telah dilaksanakan tes uji kelayakan sepeda motor konversi listrik dari 17 Motor listrik yg diujikan hasil konversi siswa dan guru SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, Alhamdulillah 15 motor listrik dinyatakan lolos uji dan layak jalan.”

Menurut penanggung jawab lapangan, Cahya Indrasyah, S.Pd, bahwa 2 sepeda motor listrik yang gagal uji kelayakan disebabkan karena tidak terpenuhinya syarat yang ada pada uji tipe yaitu pencahayaan lampu depan belum memenuhi standar 12.000 candela.

“2 yang gagal akan kami perbaiki dengan mengganti lampu. Kemudian akan diujian lagi bersama 7 unit yg masih dalam tahap konversi, mungkin tahun depan mengingat ada libur panjang setelah ini”

Seperti yang sudah diketahui, bahwa Uji ( SUT & SRUT) ,Sertifikat Uji Tipe (SUT) dan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) menjadi dokumen wajib bagi setiap kendaraan baru/ sepeda motor konversi listrik.

Selain itu Kustejo juga menambahkan bahwa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta sedang mengkonversi 24 sepeda motor listrik yang akan segera diujikan.
“Saya berharap 24 sepeda motor listrik yang sedang dikerjakan juga lolos uji dan layak jalan.”

Ada pertanyaan atau komentar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *