SMK Muhammadiyah 3

SMK MUHAMMADIYAH 3 LAKSANAKAN BAITUL ARQOM DASAR


SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta menggelar Baitul Arqam bagi guru dan karyawan tahun 2023. Kegiatan ini terasa spesial karena tidak hanya diikuti oleh seluruh guru dan karyawan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta tetapi juga guru dan karyawan SMA Muhammadiyah 6 Yogyakarta.

Baitul Arqom adalah suatu bentuk perkaderan Muhammadiyah yang merupakan modifikasi atau penyesuaian dan penyederhanaan dari Darul Arqom yang berorientasi pada pembinaan Ideologi dan kepemimpinan warga Muhammadiyah untuk menciptakan kesamaan dan kesatuan sikap, integritas, wawasan, dan cara berpikir di kalangan pimpinan maupun anggota persyarikatan dalam melaksanakan misi Muhammadiyah.

Adapun tujuan Baitul Arqom adalah pertama, peserta Baitul Arqom diharapkan memiliki kesatuan sikap, integritas, wawasan dan cara berpikir dalam memahami dan melaksanakan misi Muhammadiyah, dan kedua, peserta Baitul Arqom memiliki pemahaman yang benar terhadap ideologi gerakan Muhammadiyah.

Kegiatan Baitul Arqom ini di gelar selama dua hari, yakni pada tanggal 18 – 19 Maret 2023, yaitu di Balai Penjamin Mutu Pendidikan, Kalasan.

Kegiatan yang bertema “Pencerahan Kader, Komitmen Ber-Muhammadiyah dan Menuju Sekolah Unggul” ini dibuka secara resmi oleh Ketua PDM Kota Yogyakarta bapak Drs. Akhid Widi Rahmanto pada hari Sabtu, 18 Maret 2023 di Aula Ki Hajar Dewantara, Kompleks Gedung BPMP, Kalasan.

Kepala Sekolah Bpk. Dr. Suprihandono M.M. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bisa menjadi upskilling guru dan karyawan di bidang kemuhamadiyahan.

Ketua PDM Kota Yogyakarta bapak Drs. H. Akhid Widi Rahmanto juga menyampaikan dalam sambutannya agar seluruh peserta mengikuti kegiatan semaksimal mungkin. Manfaatkan untuk tolabul ilmi, silaturahim, dan meningkatkan ghirah bermuhammadiyah karena guru dan karyawan adalah ujung tombak persyarikatan muhammadiyah.

Master Of Training (MOT) bapak Dedi Rustandi menuturkan bahwa diantara manfaat mengikuti Baitul Arqom ini adalah mendapatkan sertifikat yang dapat digunakan sebagai syarat menjadi GTY/PTY yang berlaku selama 4 tahun dan peningkatan ilmu keagamaan.

Kegiatan dalam Baitul Arqam yaitu pretes, praktik baca quran dan penyampaian materi-materi ibadah dan kemuhammadiyahan.
Sedangkan praktik sholat, peserta diwajibkan mengirimkan video praktik sholat karena jumlah peserta yang terlalu banyak, jika dilaksanakan praktik secara langsung akan memakan banyak waktu.

Ada pertanyaan atau komentar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *