SMK Muhammadiyah 3

GURU DAN KARYAWAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA MEMBANGUN KEBERSAMAAN DENGAN RAFTING


Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun dan memelihara kebersamaan dalam sebuah organisasi. Kebersamaan itulah modal besar untuk menggapai cita-cita tertinggi dalam organisasi. Karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa berkerjasama dengan lainnya.

SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebagai SMK swasta terbesar di Kota Yogyakarta saat ini mempunyai guru dan karyawan sejumlah 123 orang. Pegawai sejumlah itu merupakan potensi yang besar untuk mewujudkan visi sekolah. Kebersamaan pegawai merupakan faktor yang perlu ditumbuhkan untuk mewujudkan visi sekolah dan kemajuan sekolah.

Untuk membangun kebersamaan pegawai, SMK Muhamamdiyah 3 Yogyakarta pada hari Sabtu, 27 Juli 2019 mengadakan kegiatan Rafting di Citra Elo Magelang. Kegiatan rafting ini diikuti oleh seluruh pegawai yang dikemas dalam program peningkatan kapasitas pegawai. Meskipun sebagian besar pegawai belum punya pengalaman rafting, tetapi semua mengikuti acara dengan ceria dan bahagia.

Semua pegawai sudah berkumpul di SMK Muhamamdiyah 3 Yogyakarta jam 06.00 WIB. Dinginnya cuara pagi hari di jogja yang sampai ke pori-pori tidak mengurangi semangat tepat waktu peserta untuk hadir di sekolah. Setelah semua dirasa siap, kegiatan diawali dengan perjalanan via bus sampai Citra Elo Magelang. Menyusuri jalanan kota Jogja yang masih agak sepi ditemani suasana yang masih dingin tidak lagi dirasakan saat sudah masuk bus dan memulai perjalanan dengan canda tawa di dalam bus. Sekitar dua jam perjalanan dari SMK Muhamamdiyah 3 Yogyakarta, sampailah di Citra Elo Magelang yang sudah disiapkan snack dan jahe hangat dari penyedia jasa rafting Citra Elo.

Sebelum peserta menuju lokasi rafting, waktu dimanfaatkan dengan foto-foto, canda tawa, ramah tamah dan kebersamaan lainnya. Ada satu sesi yang dimanfaatkan oleh sekolah untuk memberikan ucapan terima kasih kepada guru-guru yang tahun ini akan berpindah tugas ke sekolah negeri. Kepala sekolah mewakili seluruh guru mengucapkan terimakasih atas pengabdian seluruh guru negeri selama bertugas di SMK Muhamamdiyah 3 Yogyakarta dan mendoakan supaya di tempat tugas baru memperoleh kelancaran dalam menjalankan tugas mendidik anak bangsa. Juga memohon didoakan supaya SMK Muhamamdiyah 3 Yogyakarta kedepannya menjadi semakin maju, unggul, dan berkembang.

Sebagai bentuk syukur atas kebersamaan selama di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, guru-guru yang berpindah tugas ke sekolah negeri memberikan kenang-kenangan berupa sajadah kepada seluruh pegawai di SMK Muhamamdiyah 3 Yogyakarta. Kenang-kenangan berupa sajadah mempunyai nilai filosofis dan harapan semoga selama dipakai akan tetap terjalin kebersamaan dan amal jariyah bersama. Ya, disitulah semuaa merasakan bahwa setiap perjumpaan pasti ada perpisahan. Semoga perjumpaan dan perpisahan semua karena Allah SWT.

Perjalanan menuju lokasi rafting dimulai dengan naik angkot sekitar setengah jam menyusuri kota Magelang. Setelah sampai tujuan, semua peserta dipandu memakai pelampung, helm pengaman, dan cara menggunakan dayung. Pemandu dari Citra Elo menjelaskan secara rinci pemakaian perlengkapan, keselamatan di arum jeram, dan hal lain terkait rafting diselingi joke-joke yang membuat peserta tersenyum dan tertawa.

Mulailah kegiatan rafting, masing-masing kelompok menaiki perahu/ boat. Ada perasaan takut, penasaran, dan tantangan saat pertama kali menaiki perahu. Tapi semua itu berubah menjadi ceria saat perahu sudah mulai jalan, apalagi masing-masing kelompok melancarkan aksi bermain air untuk membasahi kelompok lainnya. Selama perjalanan peserta menyusuri sungai Elo dengan penuh semangat, kebersamaan, dan kompak masing-masing kelompok. Pada akhirnya sampailah finish di Citra Elo Magelang tempat pertama kali peserta berkumpul. Meskipun badan capai, tangan capai, semua tidak dirasakan dan terganti dengan keceriaan.

Ada pertanyaan atau komentar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *